Obati Sengatan Tawon

Tawon

Pernah ga sih kena sengatan tawon ato lebah?

Ya..h, kalo punya obat dari dokter yang cocok buat bekas luka itu si ga papa… Tapi, kalo jauh dari Puskesmas, Rumah Sakit, ga punya obat dari dokter lagi. Giman coba…??Eh, sakit ya kalo kena sengatan tawon atau lebah? Sakit ga?

Fren, saya punya sedikit tips ni buat antum. Ini asli lho dari pengalaman….!! Sebelumnya, kenali dulu tuh, kenapa sih si sengatan tawon ntu kok bisa berbahaya ya?

Lebah Nah kawan-kawan, kok bisa ya sengatan yang kecil begitu bisa membahayakan kita? Tentu saja, karena sengatan tersebut mengeluarkan bisa yang berbahaya terhadap tubuh, yang di lairkan melalui darah. Sehingga tidak aneh kalau ada bagian dari anggota tubuh kita yang terkena sengatan akan membengkak. Pembengkakan tersebut terjadi karena membengkaknya jumlah sel darah putih. Sel darah putih tersebut akan berperang habis-habisan untuk melawan racun yang akan menyelundup ke dalam tubuh. Selanjutnya apa yang terjadi setelah peperangan itu?

Ada 2 kemungkinan yang akan terjadi setelah terjadinya peperangan itu. Pertama, akan terjadinya radang pada bekas sengatan tersebut bahkan menjadi borok. Hal ini disebabkan karena sel darah putih si pembela tubuh telah kalah. Tidak menuntut kemungkinan jika jumlah sel darah putih yang tersedia tidak dapat menghalau racun sengatan tersebut, maka besar peluang akan mengakibatan kematian karena racun tersebut bergerak langsung menyerang jantung.

Sedikit fakta, sekitar jam 10 pagi tetangga saya pergi ke kebun. Ternyata, secara tidak sengaja dia menginjak sarang tawon dan langsung seketika tawon tersebut menyerangnya. Karena banyaknya serangan tawon, dia pun lemas. Akhirnya, ketika seikitar pukul 2 siang dia merasakan demam berat. Dibawalah ke Rumah Sakit. Dokter bilang: “Si ibu tidak akan tertolong kalo nggak segera di dibawa ke rumah sakit”.

Nah, jelaslah bahwa sengatan tawon/lebah tersebut sangat berbahaya. Sekarang, gimana kalo ketika kebun atau daerah anda jauh dari puskesmas atau Rumah Sakit sementara anda terkena sengatan? Apa yang sebaiknya anda lakukan sebagai pencegahan pertama?

Anda kenal gambar dibawah ini?

Foto bekicot si pengisap racun sengatan.

Yah, dialah obatnya. Tapi ingat…! Berdoa dulu kepada Allah SWT.

Tau ga cara pemakainnya? Ini dia caranya:

Ambil bekicot. Untuk saat ini bagi anda yang takut bekicot, mohon jangan dulu deh…! Tempelkan segera pada bekas sengatan tersebut. Insya Allah anda pasti akan merasa adaem, dingin. Rasa sakitnya ga bakalan kerasa deh… Terus, kalu udah kuncup si bekicotnya, ambil lagi bekicot yang baru. Terus begitu sampai udah kerasa dingin.

Sebagai fakta, ibu saya dulu pernah kena sengatan tawon di kepalanya. Ketika inget harus pake bekicot, father ku langsung mengambilkannya. Alhasil, alhamdulillha ibu ga negarasa sakit kepala dan sebagainya. Yang ada cuma adem aje……!

Nah, itulah tips kali ini. Semoga bermanfaat…..!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *