“Allowed Memory Size Exhausted (Kehabisan Memory)” pada WordPress

Hanya sekedar berbagi atas kejadian yang pernah dialami mengenai permasalahan yang sempat muncul pada WordPress CMS.

Mungkin Anda pernah mengalami hal ini, atau saat ini pasti Anda sedang mencari solusi atas permasalahan yang timbul pada WordPress Anda dengan munculnya pesan seperti dibawah ini:

Fatal error: Allowed memory size of 33554432 bytes exhausted (tried to allocate 31962 bytes) in /home/info/public_html/wp-includes/general-template.php on line 1806”

Error di atas terjadi karena batas file di setingan server untuk suatu web server terlalu kecil, sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan ukuran file yang diakses oleh server untuk bekerja yang mengakibatkan tampilan wordpress menjadi terganggu/ tidak ada yang bekerja maksimal seperti tidak dapat memunculkan halaman home website, halaman dashboard, halaman plugin, dan macam-macam gangguan lainnya. Adapun error yang saya temui, hanya terjadi pada suatu page dimana page ini berisi gambar-gambar dan uraian teks yang cukup banyak. Alhasil, page tidak dapat di edit, hanya memunculkan tampilan seperti ini:

Hal ini bukan terjadi karena adanya file yang korup pada “general-template.php”, melainkan batas memory yang dibutuhkan melampoi batas ukuran file maksimal yang ditentukan pada server.

Untuk menyelesaikan masalah ini, Anda perlu mengubah settingan  max upload dan memory limit pada  file php.ini pada server Anda, jika Anda punya akses ke server fisiknya secara langsung.

Jika Anda tidak punya akses ke server, Anda tetap bisa menyelesaikan masalah ini dengan cara membuat sendiri file php.ini, dan letakan di folder wp-admin Anda. Tentu Anda harus punya akses ke cpanel atau ftp website Anda.

Lokasi php.ini

Adapun coding yang harus Anda masukkan pada php.ini buatan Anda adalah:

<? phpinfo(); ?>

memory_limit = 512M

Ukuran memory limit bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa, untuk menghindari kesalahan, tetap gunakan standar ukuran file dalam megabyte (M).

Semoga membantu!

Download artikel..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *